Deftones, "Gore"

Posted by Rockstarcity 12/10/2017 0 Comment(s) Music News,

 

Apabila mendengar judul albumnya, Gore, seolah-olah mengesankan isi di dalam album ini adalah sesuatu yang visceral dan berdarah. Namun melihat cover-art album yang menunjukkan flamingo berwarna pink terbang dengan flamboyannya, dengan latar belakang langit abu kebiruan, kesan kekerasan tersebut mutlak ditumbangkan. Dikotomi ini telah menjadi ciri khas Deftones sejak awal mereka berdiri. Menggabungkan kebrutalan dengan keindahan, kwintet California ini menyajikan kerentanan yang mendalam, namun secara bersamaan menyerang indera. Mereka telah mencapai puncak karir lagi melalui album Gore ini, ditandai dengan beberapa arah baru dan atmosfer berlapis yang mengeksplorasi nuansa ekstrem yang berbeda.
Diproduseri oleh Matt Hyde - yang juga ikut ambil bagian di album 2012 mereka, Koi No Yokan - album Gore ini memberikan cukup momen-momen keras namun seimbang dengan kerapuhan yang band selama ini sajikan. Ciri khas tersebut langsung mereka tampilkan di lagu pembuka, "Prayers/Triangles", melalui irama dari gitaris Stephen Carpenter dan bassis Sergio Vega, dan suara seperti debaran jantung dari drummer Abe Cunningham. Vokalis Chino Moreno memekik - mengeluarkan suara paduan sekaligus cantik dan satanis - melolong tentang "setan tak bertuhan" dan "kekuatan ilahi." Lengkingan banshee nya tetap sama seperti dulu, membuat merinding sampai ke tulang terutama pada lagu "Doomed User".

Di kedua lagu ini juga sepertinya Carpenter memainkan sedikit sentuhan metal 80-an ala Judas Priest / Iron Maiden, yang mengintensifkan rasa reinvigoration dalam band. Sang master efek Frank Delgado memberikan buffer terhadap segala sesuatunya dengan sentuhan sonic yang pintar - sentuhan eksperimental belum pernah semenarik ini sejak terobosan di tahun 1999 melalui album White Pony. Album ini adalah penanda untuk ulang tahun band yang ke-20, melalui album Gore ini kita kembali diingatkan akan sound dari band ini, yang terus berkembang, dan kemampuan mereka untuk terus mendorong batas-batas musik metal.

 
 

 

Cheers & beers !

Tags/penandaan: Deftones Gore Chino Moreno

Leave a Comment

Loading...
Loading...
Loading...